Monday, April 4, 2016

Mau Buat Bakso Enak dan Sehat untuk Anak? Perhatikan 4 Hal Ini

Bola-bola daging yang empuk bisa disajikan untuk anak. Rasanya yang gurih dengan kaldu sangat cocok dijadikan makan malam anak. Tak hanya hangat, tapi juga bernutrisi.
Bakso dibuat dengan tambahan tepung terigu dan juga daging. Daging ayam, sapi dan ikan mengandung protein yang sangat baik untuk menunjang pertumbuhan otak dan tubuh si kecil. Agar acara makan semakin enak, Anda dapat membuat bakso sehat sendiri di rumah dengan perhatikan hal ini.
Foto: Thinkstock
1. Pilih daging
Daging ayam, sapi ataupun ikan bisa Anda gunakan untuk dijadikan bakso. Ketiga daging ini mengandung protein dan beberapa kandungan mineral yang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan anak.
Saat hendak membuat bakso, pastikan Anda membeli daging dengan kualitas yang baik. Anda juga dapat menambahkan beberapa jenis daging seperti daging ayam dan udang untuk adonan baksonya.
2. Tambahkan bumbu
Agar rasa bakso lezat, Anda perlu menambahkan bawang putih, jahe, gula, garam dan merica bubuk. Agar semakin sedap Anda juga dapat menambahkan potongan daun bawang dan seledri pada kuah bakso.
Beberapa rempah seperti jahe dan bawang putih bermanfaat untuk cegah perut kembung dan bawang putih dapat menjaga sistem kekebalan tubuh anak.
Foto: Thinkstock
3. Tambahkan sayuran
Selain menambahkan daging, Anda juga dapat menambahkan sedikit sayuran ke dalamnya. Wortel dan jamur yang dapat menambah citarasa sekaligus serat.
Wortel mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan maya. Sedangkan jamur mengandung serat dan juga protein yang sangat baik untuk menunjang kesehatan anak. Perpaduan kedua sayuran ini juga dapat menghasilkan tekstur bakso lebih renyah.
Foto: Thinkstock
4. Buat kaldu
Kaldu terbuat dari tulang yang mudah diserap oleh tubuh. Terbuat dari rebusan tulang dan sedikit daging, kaldu mengandung mineral yang sangat baik untuk tulang seperti kalsium, magnesium, fosfor dan beberapa mineral lainnya.
Kaldu dibuat dengan mencampurkan air, daging ayam dan tulang, bawang putih, jahe hingga garam. Kuah kaldu ini bisa jadi siraman bakso agar santap makan bakso semakin lezat. Anda dapat membuat kaldu dapi, ayam ataupun ikan tergantung dengan jenis adonan yang digunakan.
(odi/lus)
sumber : food.detik.com

No comments:

Post a Comment